Ekonomi Kreatif


EKONOMI KREATIF
EVOLUSI DAN GELOMBANG EKONOMI BARU

Ekonomi kreatif
Ekonomi adalah ilmu yang memperlajari cara manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Permasalahanya klasik, kelangkaan (scarcity) barang dan jasa dalam memenuhi kebutuhan  (needs) dan keinginan (wants) manusia yang tidak terbatas. Dan solusinya, manusia berusaha untuk mengembangkan ilmu pngetahuan dan teknologi dalam rangka mengurangi kesenjangan antara kelangkaan barang dan jasa terhadap kebutuhan manusia yang sangat  meningkat
LINGKARAN TARIK MENARIK ANTARA ILMU PENGETAHUA DAN TEKNOLOGI DENGAN KELANGKAAN

 

DAMPAK PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
1.      Ditemukannya produk-produk baru dalam rangka mengatasi kelangkaan
2.      Ditemukannya teknik dan metode yang lebih efektif dan efesien.
3.      Berubahnya pola-pola kehidupan masyrakat secara global diberbagai bidang.
4.      Terciptanya sarana transaksi ekonomi baru yang mempermudah, lebih efesien dan efektif.
5.      Bergesernya orientasi ekonomi dari ekonomi pertanian dan yang terakhir ke ekonomi kreatif.
Saat ini manusia sedang memasuki gelombang ekonomi keempat yaitu ekonomi kreatif yaitu gelombang ekonomi kratif. Gelombang ekonomi baru ini sedah muncul sejak industri kreatif dikendalikan dengan hukum kekayaan intelektual,paten,hak cipta,merek,royalti dan desain.
Produk ekonomi kreatif tidak didominasi oleh barang yang riil (tangible) seperti berapa jumlah barang dan jenis produk yang dihasilkan, tetapi oleh produk-produk yang sifatnya non riil yang tekanannya pada penambahan karakter (character) dan keistimewaan (feature) barang dan jasa untuk menciptakan kekayaan intelektuan, paten, hak cipta, dll.
Perkembangan ekonomi kreatif sangat bergantung pada peran kelas kreatif yaitu ilmuwan sebagai kreator, pembisinis sebagai inovator, dan pemerintah sebgai katalisator.
KREATIVITAS
Kreativitas berasal dari bahasa inggris “creativity” yang diambil dari bahasa latin “creo” yang artinya “menciptakan atau membuat”. Konsep kreativitas sangat luas karena melibatkan multidisplin, multidefinisi, dan multipendekatan, howkins (2001) berpendapat bahwa, kreativitas muncul apabila seseorang berkata, mengerjakan dan membuat sesuatu yang baru, baik dalam menciptakan sesuatu dari yang tadinya tidak ada maupun dalam memberikan karakter baru pada sesuatu. UNCTAD dan UNDP, kreativitas sebagai proses dimana ide-ide dihasilkan, terinterelasi dan ditranformasikan ke dalam sesuatu yang bernilaii.
“orang yang kreatif disebut dengan “creator” yaitu setiap orang yang menciptakan dan menemukan sesuatu yang baru. Barangnya di sebut dengan “produk kreatif”.
Pada tahun 2005, Howkins berpendapat, kreativitas dalam bentuk ide-ide, gagasan-gagasan, dan mimpi saja tidak memiliku nilai ekonomi, dan akan memiliki nilai apabila diaktualisasikan dalam bentuk produk-produk yang diperdagangkan atau dikomersialisasikan.

LIMA UNSUR PENTING KREATIVITAS
1.      Orisinalitas adalah mengandung arti penciptaan sesuatu dari yang belum ada sebelumnya atau memperbaharui sesuatu yang telah ada.
2.      Berimajinasi  adalah proses berpikir tentang sesuatu yang baru.
3.      Inpirasi adalah gagasan-gagasan baru yang dapat divisualisasikan.
4.      Kecerdikan adalah kemampuan seseorang dalam berpikir dan bertindak.
5.      Penemuan adalah suatu yang baru ditemukan yang sebelumnya belum ada.
Bagaimana proses kreatif terjadi ????
a.       Peninjauan / pengkajian ulang (review) adalah pada tahapan ini lebih kepada pengindentifikasian masalah yang menimbulkan pertanyaan-pertanyaan what, was that, why, how?, dll.
b.      Inkubasi (incubation) adalah tahap merenung dan berkreasi untuk menyelesaikan masalah.
c.       Menghayal (dreams) adalah pikiran mulai terbuka dan mulai tumbuk gagasan-gagasan dan ide-ide untuk menyelesaikan masalah
d.      Rengsangan (excitement).
e.       Pemeriksaaan secara nyata (reality chek) adalah menjamin dan memastikan bahwa khayalan-khayalan dan intuasi kita tidak terlalu jauh dan dapat diwujudkan, dan tentunya melalui pemikiran kritis dan konvergen.
INOVASI
Secara etimologis berasal dari bahasa inggris “inovation” yang mulanya diambil dari bahasa latin “innovatus” yang dalam bentuk kata bendanya dieja dengan “inovare” yang mempunya arti “pembaruan dan perubahan”.
Banyak definisi inovasi yang dikemukakan para ahli namun secara konsep memiliki pengertian yang sama. Menurut  Avianti Fontana (2009), inovasi adalah pengenalan cara-cara baru atau kombinasi baru dari cara-cara lama dalam menstranformasi input menjadi output sehingga menghasilkan perubahan besar dalam perbandingan antar nilai guna dan harga yang di tawarkan kepada konsuen atau pengguna. Dalam perusahaan ada 3 jenis inovasi yang dikenal yaitu : inovasi produk, inovasi proses dan inovasi produksi.

TIGA MAKNA PENTING INOVASI
1.      Inovasi sebagai pembaharuan
2.      Inovasi sebagai perubahan
3.      Inovasi sebagai keunggulan.
HAKIKAT DAN INTI DARI EKONOMI KREATIF
Ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi yang mengutamakan pada kreatifitas berpikir untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda yang memiliki nilai dan bersifat komersial.
Tiga konsep utama ekonomi kreatif :
1.      Kreativitas ekonomi menyangkut proses menghasilkan sesuatu dari suatu yang tidak ada.
2.      Kreativitas ekonomi merupakan hasil dari kolaborasi dari menghasilkan yang lama dengan cara-cara yang baru.
3.      Kreativitas ekonomi merupakan penggunakan sesuatu untuk menciptakan sesuatu yang lebih sederhana atau lebih baik.
4 JENIS KREATIVITAS YANG MEMBENTUK EKONOMI KREATIF
1.      Tecnological creativity
2.      Scientific creativity
3.      Economic creativity
4.      Cultural creativity.
Previous
Next Post »