EKONOMI KREATIF
EVOLUSI DAN GELOMBANG
EKONOMI BARU
Ekonomi kreatif
Ekonomi adalah ilmu
yang memperlajari cara manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Permasalahanya
klasik, kelangkaan (scarcity) barang
dan jasa dalam memenuhi kebutuhan (needs) dan keinginan (wants) manusia yang tidak terbatas. Dan
solusinya, manusia berusaha untuk mengembangkan ilmu pngetahuan dan teknologi
dalam rangka mengurangi kesenjangan antara kelangkaan barang dan jasa terhadap
kebutuhan manusia yang sangat meningkat
LINGKARAN TARIK MENARIK ANTARA ILMU
PENGETAHUA DAN TEKNOLOGI DENGAN KELANGKAAN
DAMPAK PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
1.
Ditemukannya
produk-produk baru dalam rangka mengatasi kelangkaan
2.
Ditemukannya
teknik dan metode yang lebih efektif dan efesien.
3.
Berubahnya
pola-pola kehidupan masyrakat secara global diberbagai bidang.
4.
Terciptanya
sarana transaksi ekonomi baru yang mempermudah, lebih efesien dan efektif.
5.
Bergesernya
orientasi ekonomi dari ekonomi pertanian dan yang terakhir ke ekonomi kreatif.
Saat ini manusia sedang
memasuki gelombang ekonomi keempat yaitu ekonomi kreatif yaitu gelombang
ekonomi kratif. Gelombang ekonomi baru ini sedah muncul sejak industri kreatif
dikendalikan dengan hukum kekayaan intelektual,paten,hak cipta,merek,royalti
dan desain.
Produk ekonomi kreatif
tidak didominasi oleh barang yang riil (tangible)
seperti berapa jumlah barang dan jenis produk yang dihasilkan, tetapi oleh
produk-produk yang sifatnya non riil yang tekanannya pada penambahan karakter (character) dan keistimewaan (feature) barang dan jasa untuk
menciptakan kekayaan intelektuan, paten, hak cipta, dll.
Perkembangan ekonomi
kreatif sangat bergantung pada peran kelas kreatif yaitu ilmuwan sebagai
kreator, pembisinis sebagai inovator, dan pemerintah sebgai katalisator.
KREATIVITAS
Kreativitas berasal
dari bahasa inggris “creativity” yang
diambil dari bahasa latin “creo” yang
artinya “menciptakan atau membuat”.
Konsep kreativitas sangat luas karena melibatkan multidisplin, multidefinisi,
dan multipendekatan, howkins (2001) berpendapat bahwa, kreativitas muncul
apabila seseorang berkata, mengerjakan dan membuat sesuatu yang baru, baik
dalam menciptakan sesuatu dari yang tadinya tidak ada maupun dalam memberikan
karakter baru pada sesuatu. UNCTAD dan UNDP, kreativitas sebagai proses dimana
ide-ide dihasilkan, terinterelasi dan ditranformasikan ke dalam sesuatu yang
bernilaii.
“orang
yang kreatif disebut dengan “creator” yaitu setiap orang yang menciptakan dan
menemukan sesuatu yang baru. Barangnya di sebut dengan “produk kreatif”.
Pada tahun 2005,
Howkins berpendapat, kreativitas dalam bentuk ide-ide, gagasan-gagasan, dan
mimpi saja tidak memiliku nilai ekonomi, dan akan memiliki nilai apabila
diaktualisasikan dalam bentuk produk-produk yang diperdagangkan atau dikomersialisasikan.
LIMA UNSUR PENTING KREATIVITAS
1.
Orisinalitas
adalah mengandung arti penciptaan sesuatu dari yang belum ada sebelumnya atau
memperbaharui sesuatu yang telah ada.
2.
Berimajinasi adalah proses berpikir tentang sesuatu yang
baru.
3.
Inpirasi adalah
gagasan-gagasan baru yang dapat divisualisasikan.
4.
Kecerdikan
adalah kemampuan seseorang dalam berpikir dan bertindak.
5.
Penemuan adalah
suatu yang baru ditemukan yang sebelumnya belum ada.
Bagaimana proses kreatif terjadi ????
a.
Peninjauan /
pengkajian ulang (review) adalah pada
tahapan ini lebih kepada pengindentifikasian masalah yang menimbulkan
pertanyaan-pertanyaan what, was that, why, how?, dll.
b.
Inkubasi (incubation) adalah tahap merenung dan
berkreasi untuk menyelesaikan masalah.
c.
Menghayal
(dreams) adalah pikiran mulai terbuka dan mulai tumbuk gagasan-gagasan dan
ide-ide untuk menyelesaikan masalah
d.
Rengsangan (excitement).
e.
Pemeriksaaan
secara nyata (reality chek) adalah
menjamin dan memastikan bahwa khayalan-khayalan dan intuasi kita tidak terlalu
jauh dan dapat diwujudkan, dan tentunya melalui pemikiran kritis dan konvergen.
INOVASI
Secara etimologis
berasal dari bahasa inggris “inovation” yang mulanya diambil dari bahasa latin
“innovatus” yang dalam bentuk kata
bendanya dieja dengan “inovare” yang
mempunya arti “pembaruan dan perubahan”.
Banyak definisi inovasi
yang dikemukakan para ahli namun secara konsep memiliki pengertian yang sama.
Menurut Avianti Fontana (2009), inovasi
adalah pengenalan cara-cara baru atau kombinasi baru dari cara-cara lama dalam
menstranformasi input menjadi output sehingga menghasilkan perubahan besar
dalam perbandingan antar nilai guna dan harga yang di tawarkan kepada konsuen
atau pengguna. Dalam perusahaan ada 3 jenis inovasi yang dikenal yaitu :
inovasi produk, inovasi proses dan inovasi produksi.
TIGA MAKNA PENTING INOVASI
1.
Inovasi sebagai
pembaharuan
2.
Inovasi sebagai
perubahan
3.
Inovasi sebagai
keunggulan.
HAKIKAT DAN INTI DARI EKONOMI KREATIF
Ekonomi kreatif
adalah kegiatan ekonomi yang mengutamakan pada kreatifitas berpikir untuk
menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda yang memiliki nilai dan bersifat
komersial.
Tiga konsep utama ekonomi kreatif :
1.
Kreativitas
ekonomi menyangkut proses menghasilkan sesuatu dari suatu yang tidak ada.
2.
Kreativitas
ekonomi merupakan hasil dari kolaborasi dari menghasilkan yang lama dengan cara-cara
yang baru.
3.
Kreativitas
ekonomi merupakan penggunakan sesuatu untuk menciptakan sesuatu yang lebih
sederhana atau lebih baik.
4 JENIS KREATIVITAS YANG MEMBENTUK EKONOMI KREATIF
1.
Tecnological
creativity
2.
Scientific
creativity
3.
Economic creativity
4.
Cultural
creativity.
Sign up here with your email